THE CIRCLE “Saat Privasi Tidak Menjadi Milik Diri Sendiri”

Review The Circle
Score : 3.6/5
Genre : Drama, Sci-Fi, Thriller
Tahun : 2017
Durasi : 110 Menit
Sutradara : James Pondsolt
“Saat Privasi Tidak Menjadi Milik Diri Sendiri”
———————————————————————————————————————————-
IDE CERITA (4)  ★★★★☆
Mungkin ide cerita film yang menceritakan tentang dimana manusia akan ketagihan dengan yang namanya teknologi khususnya media sosial dalam mengunggah setiap kegiatan mereka kepada orang lain, sudah ada yang beberapa membuat berdasarkan ide tersebut, tapi entah kenapa The Circle seakan memberikan sebuah pandangan yang baru tentang fenomena yang  sangat mirip dengan keadaan zaman sekarang yang dimana semua orang “kecanduan” dengan media sosial, mereka pun bahkan tidak takut dan malu untuk memamerkan sesuatu yang mungkin itu bersifat “pribadi” dan dalam film ini The Circle mampu memberikan pendekatan yang pas dalam ide cerita yang menjadi dasar dalam film ini.
———————————————————————————————————————————-
AKTING (3)  ★★★☆☆
Emma Watson, Tom Hanks, dan John Boyega adalah magnet dalam film. Khususnya Emma Watson yang kembali bersinar semenjak Beauty and the Beast, dalam film ini Emma mampu memberikan gambaran tentang karakternya yang smart dan pemberani yang memang mungkin tidak jauh dari kehidupan aslinya, selain itu Tom Hanks juga bisa meyakinkan penonton bahwa dia memang adalah “pemimpin” dari perusahaan The Circle yang menjadi sorotan utama film ini, namun sayangnya John Boyega entah memang karakternya yang memang tidak terlalu menarik atau memang seperti itu dalam novelnya, Reviewer pun tidak terlalu tahu karena belum pernah membacanya. Seakan tanpa dia yang main pun karakter Ty yang diperankan olehnya bisa digantikan siapa pun, sayang sekali padahal Reviewer ingin melihat John Boyega bersinar tanpa embel-embel perannya di Star Wars.
———————————————————————————————————————————-
PLOT (4) ★★★★☆
Awalnya Reviewer mengira film ini adalah sebuah film Biography tentang pendiri atau perusahaan suatu brand atau media sosial yang beneran ada dan nyata, ternyata ini adalah fiksi. Reviewer pun sempat mencari apakah memang benar ada aplikasi atau perusahaan The Circle ini. Dalam film ini plot cerita yang diberikan hampir sempurna menurut Reviewer, bahkan ada plot twist yang mungkin membuat kita berpikir bahwa semua akan berakhir manis, namun tidak pahit juga kok. Mungkin lebih tepatnya realistis. Kurangnya adalah disini karakter bernama Mae yang diperankan Emma Watson dia mendapat pekerjaan sebagai Customer Service seperti ditempat kerjanya yang saat ini, bedanya sekarang dia diterima di perusahaan The Circle ini berkat rekomendasi temannya, namun penonton mungkin dibuat bingung karena dia tidak ada ditunjukan sama sekali pekerjaannya sebagai CS tersebut, yang ada dia dia terlihat seperti seseorang yang “merelakan” dirinya untuk jadi kelinci percobaan perusahaannya dalam setiap project yang dibuat perusahaan The Circle.
———————————————————————————————————————————-
AUDIO (3) ★★★☆☆
Tidak ada yang terlalu menarik dalam audio atau musik yang disajikan bahkan terkesan biasa, walaupun ada beberapa juga yang sempat membuat terbawa suasana yang disajikan, tapi sangat mudah dilupakan tidak memorable.
———————————————————————————————————————————-
VISUAL (4) ★★★★☆
Dalam film The Circle kita benar benar di buat percaya bahwa kantor The Circle itu beneran ada, desain interior dan visual gambaran kantor pun sangat dipersiapkan ditambah meanrik dengan pop up ala notifikasi dan chatting media sosial yang seakan akan muncul di sekeliling pemain saat mengakses media sosial mereka.
———————————————————————————————————————————-
X-FACTOR
Film The Circle punya sesuatu yang sangat “manusiawi” dalam menceritakan setiap adegannya, kita diberikan gambaran manusia yang rela melakukan apa saja agar diterima oleh komunitasnya walaupun pada awalnya dia berbeda, ditambah dengan perkembangan di zaman media sosial sekarang yang segalanya serba “terbuka”. Film yang hampir 2 jam ini juga tidak membuat bosan saat menontonnya, seakan semua mengalir saja ketika menikmatinya, ini adalah salah satu film favorit Reviewer. Silahkan menontonnya sendiri untuk bisa menilainya bagus atau tidak.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s