INSYA ALLAH SAH “Pandji Berhasil Memerankan Tokoh Yang Ngeselin”

Review Insya Allah Sah
Score : 2.8/5
Genre : Drama, Comedy
Tahun : 2017
Durasi : 83 Menit
Sutradara : Benni Setiawan

“Pandji Berhasil Memerankan Tokoh Yang Ngeselin”

———————————————————————————————————————————-
IDE CERITA (3) ★★★☆☆
Kalau di luar negeri ada tokoh yang menyebalkan namun lucu seperti Mr. Bean maka mungkin di Indonesia ada Raka, tokoh utama yang ngeselinnya mirip Mr. Bean yang diperankan oleh salah satu stand up comedian Indonesia yaitu Pandji Pragiwaksono. Sepertinya belum pernah ada film yang mengangkat salah satu karakter fiktif dengan ide cerita seperti film Insya Allah Sah ini, premis ceritanya pun menarik yaitu dimana tokoh utama adalah seseorang yang alim namun “aneh” dan menyebalkan, dia bertemu dengan tokoh silvi yang diperankan Titi Kamal yang kehidupannya jauh dari agama. Mereka pun terjebak dalam lift yang dimana keduanya sama sama membuat nazar atau semacam janji kepada tuhan jika mereka selamat mereka akan melakukan janji tersebut, yang tentu saja nazar tersebut saling mengikat mereka satu sama lain dalam situasi dan kondisi yang kebetulan mengharuskan mereka bertemu. Untuk Naskah sebenarnya terlihat menarik diawal namun di pertengahan hingga akhir entah kenapa mengalami penurunan dan cenderung terburu buru dalam menyelesaikan konflik yang sudah dibuat diawal film.
———————————————————————————————————————————-

AKTING (3) ★★★☆☆
Salut buat Pandji dalam memerankan tokoh Raka yang berbeda 180 derajat dengan tampilan Pandji seperti biasanya baik secara gesture dan penampilan yang terihat totalitas, Titi Kamal pun lumayan bisa mengimbangi akting dengan Pandji yang lumayan dapat chemistry nya walaupun hampir semua adegan dia hanya berakting sebagai wanita yang emosian dan pemarah. Sayangnya akting Richard Kyle sebagai pacar dari Titi Kamal terasa kaku dan banyak dialog yang seperti seakan susah diucapkan, mungkin maklum saja dia bukan orang Indonesia, namun sangat disayangkan sekali seakan dia hanya menjadi “pemikat” bagi kaum hawa dengan modal tampang. Chemistry dia dengan Titi pun terasa kurang dan akward. Selain mereka bertiga kemunculan berbagai cameo dari artis artis film MD Entertainment dan aktor aktris pendukung seakan menambah nilai lebih sebagai penambal dari kekurangan kekurangan yang ada. Sebenarnya banyak dialog dialog yang berpotensi membuat penonton tertawa terbahak bahak namun entah kenapa itu semua seakan agak gagal tereksekusi dengan baik.
———————————————————————————————————————————-

PLOT (2) ★★☆☆☆
Alur dalam film ini sebenarnya tidak jelek cuma entah kenapa banyak yang terasa kurang dan seakan akan ingin diselesaikan dengan terburu buru, mungkin karena ini diangkat dari sebuah novel, banyak elemen yang tidak bisa dimasukan ke dalam versi layar lebarnya, tapi entah kenapa dari pertengahan film hingga selesai film ini jadi terasa membosankan dan garing, Seakan trailer film yang lucu ternyata tidak memenuhi ekspektasi saat menonton film ini dengan selesai, dan untungnya film ini tidak sampai satu setengah jam.———————————————————————————————————————————-

AUDIO (3) ★★★☆☆
Tidak ada yang spesial kecuali OST yang dinyanyikan oleh Titi Kamal dan Duo Harbatah yang menjadi jingle film ini, sebenarnya berpotensi easy listening namun entah kenapa mungkin ingin mengulang seperti lagu Jablay yang juga meledak saat dinyanyikan Titi Kamal terdahulu, sepertinya lagu ini kurang begitu “diterima” oleh penontonnya walaupun lagunya adalah lagu yang merakyat.
———————————————————————————————————————————-

VISUAL (3) ★★★☆☆
Dari segi wardrobe dan kostum sebenarnya adalah dandanan dari tokoh Raka yang lumayan sukses menambah “kesal” saat melihatnya, sisanya baik dari segi sinematografi yang standar dan setting yang hampir semuanya di Bandung semuanya terkesan biasa tidak ada yang spesial.
———————————————————————————————————————————-

X-FACTOR
Film ini ringan dan menghibur walaupun ada embel embel ajaran “agama” yang disematkan dalam film ini, namun Pandji berhasil menghadirkan sesosok karakter baru yang pasti ditunggu sekuel selanjutnya dengan karakter Raka ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s